Ajak Anak SD Bermain Kartu, Mahasiswi KKN-IK IAIN Kudus Tekankan Pemahaman Materi Interaksi Sosial

Kudus- K Kudus- Kelompok KKN-IK IAIN Kudus di Desa Ngembalrejo sebagai bentuk pengabdian di masyarakat dengan terjun langsung ke masyarakat untuk memberikan kontribusi dan manfaat positif. Dalam menjalankan progja, mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus memiliki dua program kerja yakni program kerja kelompok yang dilakukan bersama-sama dan program kerja keprodian yakni program kerja individu yang sesuai dengan jurusan atau keprodiannya. Dalam hal ini kelompok KKN-IK IAIN Kudus terkhusus mahasiswa fakultas Tarbiyah, yang terdiri atas prodi Matematika, PAI, Bahasa Arab, PGMI, dan Tadris IPS menjalankan progja keprodian dengan melakukan pengabdian di SD 02 Ngembalrejo.

Dalam menjalankan proram kerja keprodian salah satu mahasiswi KKN-IK IAIN Kudus di Desa Ngembalrejo prodi Tadris IPS pada tanggal 14 September 2022 melakukan kegiatan pembelajaran IPS pada siswa kelas 5 SD 02 Ngembalrejo, Bae, kudus pada materi interaksi sosial menggunakan metode bermain kartu dengan medianya sendiri berupa kartu yang sudah terdapat gambar berbagai macam bentuk-bentuk interasksi sosial. Kegiatan ini dilakukan dengan cara mahasiswi KKN-IK IAIN Kudus sebelumnya menjelaskan terlebih dahulu terkait interaksi sosial (pengertian, bentuk-bentuk / jenis-jenis interaksi sosial). Setelah itu, mahasiswi KKN-IK IAIN Kudus tersebut menunjukkan kartu yang terdapat gambar jenis-jenis interaksi sosial dan cara bermain dengan metode tersebut kepada peserta didik. Peserta didik diberikan kesempatan maju kedepan kelas untuk memilih kartu yang ditunjukkan mahasiswi KKN-IK IAIN Kudus. Setelah memilih kartu, peserta didik dapat melihat kartunya dan menebak jenis interaksi sosial yang apa (individu dengan individu, individu dengan kelompok, atau kelompok dengan kelompok). Peserta didik yang menjawab dengan benar mendapatkan reward dari mahasiswi KKN-IK IAIN Kudus.
Kegiatan ini khususnya bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi interaksi sosial. Selain itu juga, bertujuan untuk melatih keterampilan dan keberanian anak berbicara didepan umum dengan meminta mereka berbicara atau menjawab pertanyaan di depan kelas.